Mereka Yang Pengen Cerai Atau Putus Dari Pacar Tapi Sulit, Ajak ke Gunung Pegat, Jamin Lancar, Ini Sejarahnya

- Kamis, 2 Februari 2023 | 08:00 WIB
Mereka Yang Pengen Cerai Atau Putus Dari Pacar Tapi Sulit, Ajak ke Gunung Pegat, Dijamin Lancar, Inilah Sejarah Asal Muasalnya (instagram )
Mereka Yang Pengen Cerai Atau Putus Dari Pacar Tapi Sulit, Ajak ke Gunung Pegat, Dijamin Lancar, Inilah Sejarah Asal Muasalnya (instagram )

Gerbangnalar.com - Gunung Pegat, yang artinya secara bahasa Indonesia adalah putus, banyak diyakini siapaun sejoli atau atau pasangan suami istri yang melewati kawasan tersebut akan putus atau pegatan.

Seakan menjadi momok bagi pasangan suamim istri atau sejoli yang tidak sedikit mereka cenderung menghindar. Namun, untuk yang memang ingin berpisah dari kekasihnya atau pasanganannya, Gunung Pegat adalah solusinya.

Memang, sudah banyak terjadi pasangan suani istri atau sejoli yang setelah memalui Gunung Pegat beberapa hari kemudian putus atau cerai. Dimana dan bagaimana sejarah Gunung Pegat ini ?

Baca Juga: Eyang Djojodigjo dari Blitar, Misteri Dari Makam Yang Tergantung Hingga Kisah Hidupnya Tak Bisa Mati

Adapun lokasi Gunung Pegat berada di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Berbeda dengan gunung lainnya yang ditempuh selama berjam-jam atau semalaman. Untuk Gunung Pegat bisa didaki kapanpun dan tak perlu capek-capek, lanataran Gunung Pegat mirip sebuah bukit yang tinggi.

Legenda Istilah Pegat

Berdasarkan cerita dari pemelihara sejarah kawasan Gunung Pegat. Bahwa sejarah kisahnya berkaitan dengan tiga tokoh pewayangan, yakni Semar, Petruk, dan Gareng.

Baca Juga: Misteri Makam Tua, Kuburan Muslim Yang Tidak Menghadap ke Kiblat, Kata Warga: Ludahnya Juga Keramat

Dikisahkan, ketiganya mendapat tugas memikul bebatuan yang ada di Gunung, tetapi haruslah diselesaikan dalam waktu semalam, tidak boleh sampai terbitnya fajar.

Akan tetapi, sebelum sampai tujuan pikulan yang mereka bawa tiba-tiba terputus bertepatan dengan kokoknya ayam pertanda fajar subuh datang.

Ketiganya dianggap gagal menjalankan tugasnya, tiba-tiba dikejutkan peristiwa dahsyat. Gunung yang mereka lewati terbelah menjadi dua, dan ketiganya bersumpah bahwa siapapun pasangan pengantin atau kekasih yang melewati belahan jalan ini maka akan pegatan atau putus.

Baca Juga: Misteri Makam-makam Bujuk di Puncak Gunung Bondowoso, Selalu Ngasih Pertanda Sebelum Datangnya Musibah

Seakan sejarah legenda ini menjadi kenyataan, dan banyak warga atau siapapun yang membawa pasangannya, enggan untuk melewati jalan di anatara dua bukit atau Gunung Pegat.

Namun, bagi mereka pasangan suami istri atau sejoli yang ingin berpisah, melewati jalur Gunung Pegat ini adalah suatu keberkahan. Hingga ada kalimat, "Jika ingin putus, bawalah ke Gunung Pegat."  ***

Halaman:

Editor: Ghofur Hasbulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X